Pages

Saturday, April 4, 2015

Proposal Kewirausahaan

PROPOSAL USAHA ES JELLY

1. Latar Belakang
Di masa sekarang ini orang-orang susah mendapat pekerjaan, karena persaingan pelamar pekerjaan yang semakin ketat. Untuk itu banyak ide bermunculan agar dapat mendapatkan uang. Salah satunya dengan memulai usaha sendiri.
Usaha secara garis besar adalah suatu bentuk upaya untuk menghasilkan uang. Apabila kita bersungguh-sungguh dan serius dalam menjalankan usaha yang kita pilih, maka dapat menghasilkan laba atau keuntungan yang besar. Dari keuntungan-keuntungan tersebut kita dapat membuka cabang lalu mempekerjakan orang-orang yang tidak mempunyai pekerjaan. Dengan memberi kesempatan kepada mereka yang kurang beruntung, kita dapat membantu pemerintah dalam mengurangi tingkat pengangguran di Indonesia.
Ada banyak macam jenis dan cara yang orang lakukan dalam memulai atau membentuk suatu usaha tersebut, dengan cara membuat, berkreasi, memilih, dan menamai suatu produk dengan kerjanya sendiri yang akan dijual kepada para pelanggan atau konsumen. Diusahakan produk atau barang yang kita jual lebih mengutamakan dan lebih berpotensi kelebihannya dibanding dengan kekurangan atau dibandingkan dengan usaha dan kegiatan lain. Selain produknya menarik dan minat pembeli juga tertarik, tentunya kita dapat melihat dan bisa menafsirkan target penjualan, banyaknya produk yang akan dibuat, dan keuntungan kita bisa meningkat secara signifikan.
Dari penjelasan diatas, maka kita akan tertarik untuk memulai dan melakukan suatu usaha, dimulai dari usaha kecil dan rumahan dengan produk dan barang buatan sendiri. Dalam hal ini produk yang akan kita tawarkan berupa barang jenis makanan yang lezat dan bergizi, “Es Jelly”.

2. Visi dan Misi
1. Visi
Kepuasan dan ketertarikan para pelanggan atau konsumen dengan produk makanan yang kami tawarkan ini adalah hal yang penting bagi kami dan yang sangat kami utamakan.
2. Misi
- Memberikan kualitas produk yang terbaik kepada konsumen
- Memberikan pelayanan yang terbaik
- Memuaskan pelanggan dengan cita rasa produk yang kami tawarkan

3. Profil Badan Usaha
1. Jenis Usaha
Usaha yang kami tawarkan disini adalah produk makanan Es Jelly. Alasan kami menawarkan produk minuman ini karena kami melihat kondisi pasar yang masih sedikit usaha yang menawarkan produk berjenis ini. Kebanyakan pasar menawarkan minuman dengan olahan pabrik dan masih instan. Es Jelly ini kami olah sendiri, tidak menggunakan mesin. Dicampur dengan bahan pemanis dan pewarna makanan dengan kualitas terjamin.
2. Nama Perusahaan
Usaha Es Jelly ini kami namakan “Miss Jellycious”. Kami mempunyai alasan kuat mengapa kami menamakan produk ini dengan nama tersebut. Di dalam nama tersebut juga berisi visi dari terbentuknya usaha kami ini. Berikut kami uraikan penjelasan tentang “Miss Jellycious”:
-  Miss:
Kata dari bahasa Inggris yang berarti panggilan kepada wanita; dapat juga berarti kangen atau rindu, dengan maksud agar para konsumen selalu mengingat dan merindukan rasa yang dihasilkan dari Es Jelly kami, sehingga mereka akan kembali lagi untuk menikmati Es Jelly “Miss Jellycious” ini.
- Jellycious:
Pelesetan dari kata ‘delicious’ yang berarti enak. Kebetulan, produk kami terbuat dari jelly, jadi kami menggabungkan dua kata tersebut dan jadilah ‘jellycious’ yang berarti jelly yang enak, dan dapat diartikan menjadi ‘pecinta jelly’.
3. Lokasi
Kami memulai usaha ini dengan mengambil lokasi usaha di daerah Citayam. Tepatnya di Perumahan Villa Pabuaran Indah Jl. Aira Raya 1 No.11 Citayam, Bojong Gede, Bogor, Jawa Barat. 16320

4. Analisi Pasar dan Pemasaran
1. Target pasar
Kami mengawali penjualan usaha ini di daerah perumahan yang kami tempati, dimana di lokasi itu pula kami membuat produk ini.
2. Pesaing
Beruntungnya di daerah tempat kami menjual Es Jelly ini belum ada yang membuat dengan jenis produk yang sama. Jadi, bisa dibilang, kami adalah satu-satunya penjual Es Jelly di daerah kami. Kami optimis bahwa bisnis ini akan berhasil, karena kami merupakan pencetus bisnis Es Jelly ini di daerah kami.
3. Sasaran Pembeli
Dalam menjalankan usaha ini sasaran pembeli kami yaitu mencakup semua umur, dari yang anak-anak sampai yang dewasa. Dari semua kalangan tersebut sebagian besar mampu untuk membeli produk yang kami tawarkan, karena harga yang kami berikan pun cukup terjangkau untuk semua kalangan. Harga yang kami berikan yaitu Rp. 1.000/buah.

5. Laporan Keuangan
1. Alokasi Dana
    a. Biaya Tetap
No.
Keterangan
Jumlah
Harga
1
Kompor gas (Single)
1
Rp.    150.000
2
Tabung gas 3kg + isi
1
Rp.    140.000
3
Panci 10liter
1
Rp.    150.000
4
Centong stainless ukuran besar
1
Rp.      35.000
5
Ice bucket
1
Rp.    100.000
6
Freezer mini
1
Rp. 2.000.000

Total

Rp. 2.575.000

   
b. Biaya Variabel
No.
Keterangan
Jumlah
Harga
1
Nutrijell
120gr
Rp. 17.000
2
Gula pasir
2,5kg
Rp. 32.500
3
Plastik es mambo
1pack
Rp.   7.000
4
Gas
3kg
Rp. 20.000

Total

Rp. 56.500

Dari biaya variabel di atas, didapatkan 219 buah es jelly.


Ket:
BT = Biaya Tetap
BV = Biaya Variabel
Total BT + BV = Rp. 2.575.000 + Rp. 56.500 = Rp. 2.631.500
a. Modal awal                                : Rp. 2.631.500
b. Harga jual per buah es jelly : Rp. 1.000
c. Target per minggu 219 buah : Rp. 219.000
d. Analisis Timbal Balik Modal                
Penghasilan perminggu - BV  : Rp. 219.000–Rp. 56.500= Rp. 162.500
Periode pengembalian modal dengan empat kali produksi, yakni :
Rp. 162.500 x 4                                  : Rp. 650.000
Keuntungan selama sebulan                  : Rp. 650.000
e. Keuntungan per produksi (minimal)                : Rp. 162.500
f.  Keuntungan per 3bulan                        : Rp. 1.950.000

6. Strategi Bisnis
Dalam sebuah pemasaran, kami sebagai penjual atau produsen harus pandai dan memiliki banyak ide dalam mengatur harga, rasa, dan kualitas. Dari harga, kami mematok harga yang cukup murah yaitu Rp. 1000 per buah, rasa yang kami berikan yaitu rasa buah-buahan yang cocok untuk semua umur. Dari segi kualitas, tentu ini hal yang sangat kami utamakan. Higenis dan halal adalah kunci utama kesuksesan untuk bisnis makanan.

7. Rencana Aktivitas Selanjutnya
Dalam sebuah pemasaran, kami sebagai penjual atau produsen harus pandai dan memiliki banyak ide dalam mengatur harga, tempat, dan promosi. Memiliki inovasi yang menarik agar meminat para konsumen untuk membelinya dan jenis makanannya pun terlihat unik dan berbeda dari yang lain.

8. Penutup
Demikianlah laporan usaha ini kami buat. Semoga proposal ini dapat diterima dan dapat bermanfaat bagi kita semua. Tidak lupa kami mengucap syukur kepada Tuhan YME karena atas segala Rahmat dan Hidayah-Nya kami dapat menyelesaikan proposal usaha kami. Dan tidak lupa pula kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah ikut membantu dalam pembuatan proposal ini.
Semoga proposal ini dapat diterima oleh semua pihak karena proposal ini merupakan tahap awal kami dalam memulai usaha Es Jelly ini. Dengan selesainya proposal usaha ini, kami berharap dapat segera mewujudkan usaha yang telah kami rencanakan ini.
Segala kritik dan saran yang membangun sangatlah kami harapkan dari semua pihak, karena kami menyadari bahwa proposal kami masih jauh dari kata sempurna. Saran dan kritik tersebut semoga saja dapat menjadi acuan atau pelajaran bagi kami semua untuk dapat menjadi lebih baik lagi dihari esok. Atas segala waktu dan perhatiannya kami mengucapkan terima kasih.

1 comment: