Pages

Wednesday, December 26, 2012

Universitas Indonesia


Wahh... seperti apa ya rasanya kuliah di universitas negeri terfavorit di Indonesia ini?? Yuk ikuti cerita salah satu mahasiswi UI, Gita, tentang Universitas Indonesia (UI), terutama jurusan Psikologi-nya.

"Hai, Pals! Namaku Gita Laksita Jatismara, biasa dipanggil Gita, mahasiswi Psikologi, UI Depok. Rasanya hepi bangeet waktu pertama kali tahu kalau aku lolos SPMB untuk masuk UI. Karena, seperti yang kita tahu, UI adalah salah satu kampus terbaik di Indonesia. Peminatnya banyaaak dari seluruh penjuru Indonesia, jadi nggak gampang untuk lolos seleksinya. Aku pilih Psikologi karena memang aku tertarik mempelajari perilaku manusia. Dan Psikologi di UI juga salah satu yang terbaik."
Gedung Rektorat yang letaknya di tengah-tengah kampus

Extra Large Campus

Suatu kebanggan buat aku bisa kuliah di kampus yang terkenal dengan jas almamaternya yang berwarna kuning ini. Di sini memang segala macam jurusan ada lengkap. Kampus kedokterannya ada di Jln. Salemba, Jakarta Pusat. Dan selain itu, semuanya ngumpul di kampus Depok.

Kampus UI Depok sangat besar, dikelilingi hutan pohon karet dan danau. Setiap fakultas punya gedung masing-masing, yang membuat mahasiswa fakultas yang satu dengan yang lain jadi jarang berhubungan. Makanya, kita perlu aktif di organisasi, biar bisa kenal anak fakultas lain. Misalnya kita bisa aktif di BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa) atau MPM (Majelis Permusyawaratan Mahasiswa).



Perpustakaan pusat, deket sama danau. Sejuuuk...

The Facilities

Meski nggak semewah kampus swasta yang bergengsi, fasilitas di UI bikin kita nyaman belajar dan berorganisasi. Ada perpustakaan pusat, bis kuning untuk mengelilingi UI dengan gratis, masjid, wisma Makara untuk penginapan tamu, gedung Pusgiwa (Pusat Kegiatan Mahasiswa), gedung Balairung untuk berbagai macam event kampus, mini market, ATM, penyewaan sepeda, asrama, pokoknya lengkap deh. Kita tinggal konsentrasi belajar dan berorganisasi. 


Gedung Fakultas Psikologi

Taman favotit anak Psikologi, namanya Akadimos

Konsentrasi Psikologi

Seperti jurusan lain juga, di semester 1 dan 2, kami belajar mata kuliah dasar dulu. Baru di semester 3 belajar Psikologi lebih dalam, seperti Psikologi Klinis, Belajar, Terapan, Industri, dan lainnya. Belajarnya cukup menguras waktu dan tenaga. Karena bukunya tebal-tebal dan mostly berbahasa Inggris. Tugasnya juga lebih ke makalah dan penilitian terhadap  perilaku manusia. Seru loh mengamati perilaku manusia dan bisa mengambil teori dari subjek yang diteliti.

Oh ya, di psikologi UI kita bisa ambil double degree atau twinning program sarjana, karena UI bekerjasama dengan University of Queensland di Australia. Jadi dua tahun pertama kuliah di Psikologi UI, lalu dua tahun selanjutnya kuliah di University of Queensland. Waah... asyik, ya?!

Buat biaya kuliahnya, beragam banget tergantung jurusannya. Untuk Psikologi lewat jalur regular (SNMPTN), siapkan kira-kira Rp 10 juta untuk uang masuk, dengan uang semester sekitar Rp 3.5 juta.



Dengan jaket kuning kebanggan anak UI

Hang Out Spot

Biasanya kalau pengen discuss atau sekedar ngumpul ngobrol, ada hot spot favorite namanya Akadimos, yaitu taman di tengah gedung Psikologi. Nah, kalau soal kantin, banyak juga mahasiswa Psikologi yang nongkrong di kantin fakultas lain yang masih tetanggaan. Misalnya di kantin Takor di FISIP, atau kantin Fakultas Ilmu Budaya. Psikologi sendiri punya kantin Kancil dan Kanlam (kantin lama). Biasanya sukanya pada makan chicken hot plate di sini.

Kalau hang out luar kampus, anak UI biasanya ditemui di sepanjang jalan Kober setelah stasiun UI. Yang jadi favorit tuh biasanya Warung Alo dan Es Pocong. Kalau mau nyewa buku bisa di tempat penyewaan buku namanya, Bubu.



Tiap Senin dan Jumat, parkiran ini jadi tempat sewa sepeda gratis. Cukup tunjukkan KTM

Info Kost

Untuk yang perlu kost, biasanya anak UI nge-kost di daerah Kutek, singkatan dari Kukusan Teknik. Ini untuk yang budget Rp 300 ribu - Rp 500 ribu. Lokasinya agak jauh ke kampus. Kalau mau lebih dekat, bisa nge-kost di daerah Barel, singkatan dari Belakang rel. Harganya sekitar Rp 400 ribu - 700 ribu.



Sumber : Campus Highlight, Aneka Yess! Nomor 07/2011
Website : www.ui.ac.id

2 comments:

  1. Kakak, boleh cerita sedikit ga tentang tugas-tugas yanga ada di psikologi UI mulai dari yang tingkat mudah sampai yang paling sulit(kecuali skripsi hehehe), makasih kakk... Oh iya kakak udah lulus belum?

    ReplyDelete